pilih bahasa lain juga boleh

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, January 21, 2016

Pendakian gunung sindoro via Bansari

Gunung sindoro adalah gunung yang sudah tidak asing lagi untuk pendaki. jalurnya yang terkenal adalah jalur kledung yang sangat mudah dijangkau karena memang berada di tepi jalan utama Temanggung Wonosobo.
Tapi kali ini tidak menceritakan tentang jalur kledung, tapi yang satunya. yaitu via Bansari.
catatan ini dibuat berdasarkan pendakian tanggal 25 26 desember 2015 melalui lintas jalur bansari kledung.


Basecamp Bansari (Kompas) berada di sebelah balaidesa Bansari. 
Koordinat dari Basecamp bansari adalah -7.284430°LS 110.057898°BT 
dan berada di ketinggian 1400mdpl, cukup jauh untuk sampai puncak sindoro 3153mdpl. masih 1700meter secara vertikal.
jalur bansari sendiri sangat sepi, lewat jalur ini akan merasakan pendakian karena jalurnya yang masih primitif. masih banyak ditemui pohon tumbang yang menghadang jalan, dan semak yang mulai menutupi jalan membuktikan kalau jalur ini memang sepi pengunjung.


 setelah registrasi dan pengecekan persiapan di basecamp. perjalanan dimulai dari basecamp langsung menuju pos 1 adalah melewati desa dan perkebunan, jalurnya adalah masih landai dan kalau tidak mau repot disini juga ada ojek. 

ketika perkebunan sudah habis dan mulai masuk ke hutan adalah berarti pos 1 sudah dekat, karena pos 1 ada 50m dari batas antara perkebunan dan hutan. perjalanan dari basecamp menuju pos 1 adalah sekitar 1 jam
setelah melewati pos 1, perjalanan akan landai sebentar sekitar 300m. tapi setelahnya adalah menanjak. dari pos 1 sampai pos 2 adalah 45menit.

perjalanan dari pos dua sampai pos tiga akan sangat melelahkan karena jalurnya naik terus dan bahkan tanpa bonus. tapi disepanjang pos dua dan pos tiga akan mendapat tempat isitrahat yang sangat banyak, karena setiap sepuluh langkah akan ada tempat lapang untuk dua tenda. jadi jika tidak bisa menahan lelah waktu akan terbuang disini. 
di pos tiga akan ada gubuk,tapi ketika saya mendaki atap gubuk sudah tidak terawat, jadi tidak bisa melindungi dari hujan. di pos tiga juga ada mata air untuk mengisi persediaan. disinilah istimewanya dari jalur lain karena disini masih ada mata air. dari pos dua menuju pos tiga adalah 1,5jam


setelah melewati pos tiga perjalanan masih menanjak hanya saja tidak sama seperti pos dua menuju pos tiga. pos tiga menuju pos 4 akan cukup memberikan bonus.
dari pos tiga menuju pos 4 adalah 1 jam.
dan setelah sampai pos empat akan menemukan tempat terbuka, karena di pos 4 masih tersisa bekas kebakaran beberapa bulan yang lalu. jalur dari pos empat menuju pos 5 pun samar samar karena tertutup oleh arang. 
ketika sampai di pos 5 berarti sudah tidak ada pepohonan yang ditemui. dan sudah dihadapkan dengan puncak sindoro. waktu pendakian kemarin, angin berhembus menuju arah kami, jadi badai bercampur dengan belerang menjadi menghadang. dan jalur yang terus menanjak untuk sampai puncak akhirnya melumpuhkan kami dan memutuskan untuk istirahat di antara pos lima menuju pos 6.  dan summit disini 

setelah cukup pagi dan badai sudah mulai berkurang dilanjutkan perjalanan menuju pos 6, ternyata masih cukup jauh dan terus menanjak. jika disini siang akan cukup panas karena tidak ada tempat berteduh.
setelah sampai pos 6, maka sudah tidak jauh dari puncak, kurang lebih 15 menit




jika ingin lintas jalur turun melalui kledung, maka harus memutar kawah dan melewati lapangan yang cukup luas.


1 comments:

santri dan alam said...

Kalau ada waktu dan kesempatan semoga bisa lewat jalur Bansari ini

Post a Comment